Vietnam Penjarakan Pengguna Facebook Karena Unggahan Pro-demokrasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 00:40 WIB
Flag of Vietnam in front of a clear blue sky
Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah Vietnam memenjarakan pemuda, Nguyen Quoc Duc Vuong karena unggahan pro-demokrasi di media sosial Facebook. Dia dipenjara selama depan tahun karena tindakan tersebut.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020), pria tersebut dituduh mencemarkan nama baik pemimpin negara tersebut dengan unggahan pro-demokrasi. Putusan pengadilan kilat tersebut dibacakan pada Selasa (7/7). Kelompok-kelompok hak asasi manusia memprotes sidang kilat tersebut.

Penahanan sejumlah jurnalis dan aktivis dalam beberapa bulan terakhir di Vietnam. Peristiwa itu terjadi menjelang kongres Partai Komunis yang berkuasa, yang dijadwalkan Januari 2021 mendatang.

Human Right Watch, menyebut, pria usia 29 tahun itu berbicara tentang dukungan terhadap demokrasi di Vietnam dan berbagai berita tentang protes pro-demokrasi di Hong Kong sebelum penangkapannya September lalu. Wakil direktur Human Rights Watch Asia Phil Robertson mengatakan hukuman Vuong "keterlaluan dan tidak dapat diterima".

"Pemerintah Vietnam harus menghentikan tindakan keras terhadap para blogger dan aktivis, dan membebaskan semua orang yang telah mereka tahan karena mereka berani mengatakan apa yang dipikirkan," tambahnya.

Sehari sebelumnya pengadilan yang sama menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada tujuh orang lain karena dituduh bermaksud menggulingkan partai Komunis.

(aik/aik)