China Tangkap Profesor yang Kritik Xi Jinping Soal Virus Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 15:35 WIB
Chinese President Xi Jinping waves during the inauguration ceremony in Macao, Friday, Dec. 20, 2019 to mark the 20th anniversary of the former Portuguese colonys handover to Chinese rule. Beijing loyalist Ho Iat Seng was inaugurated Friday as Chinas chief executive in the tiny gambling enclave of Macao, which unlike neighboring Hong Kong has remained free of pro-democracy protests. (AP Photo)
Foto: Presiden China Xi Jinping (AP Photo)
Beijing -

Pihak berwenang China menahan seorang profesor hukum yang menerbitkan esai bernada kritik ke Presiden China Xi Jinping. Esai itu membahas soal pandemi virus Corona dan upaya Xi untuk mengkonsolidasikan kekuasaan.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/7/2020) Xu Zhangrun, seorang profesor dan kritikus yang jarang bicara lantang terhadap pemerintah di akademisi China yang disensor, ditangkap di rumahnya di pinggiran kota Beijing oleh lebih dari 20 orang. Informasi ini diperoleh dari salah seorang rekannya yang enggan disebut namanya.

Xu menerbitkan sebuah esai pada bulan Februari lalu, yang menyalahkan budaya pembohongan dan sensor yang dikembangkan oleh Presiden Xi dalam penyebaran virus Corona di China.

Profesor hukum di Universitas Tsinghua itu, salah satu kampus top China, sebelumnya menentang penghapusan batas masa jabatan presiden dalam sebuah esai yang beredar online.

Tonton video 'Cari Asal-usul Virus Corona, WHO Bersiap Terbang ke China':

Selanjutnya
Halaman
1 2