Corona Menggila di Afrika Selatan, Pasukan Medis Militer Dikerahkan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 09:44 WIB
Militer Afrika Selatan diterjunkan untuk membantu melawan Corona (AFP Photo/ Michael Sheehan)
Foto: Militer Afrika Selatan diterjunkan untuk membantu melawan Corona (AFP Photo/ Michael Sheehan)
Port Elizabeth -

Puluhan petugas medis militer dikerahkan untuk membantu memerangi pandemi Corona di sebuah provinsi di Afrika Selatan (Afsel). Wilayah ini adalah yang paling terdampak di Afrika Selatan, di mana ada lonjakan kasus.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/7/2020) penyebaran virus ke provinsi East Cape terjadi sehari setelah Afrika Selatan mencatat lebih dari 10.800 kasus baru COVID-19 dalam sehari, lompatan harian terbesar selama pandemi, menjadikan kasus kumulatif mencapai 187.977 kasus.

47 personil medis pasukan pertahanan mendarat di kota Eastern Port, Port Elizabeth untuk membantu menopang layanan kesehatan, yang sedang kewalahan karena meningkatnya jumlah kasus.

"Provinsi ini tidak bisa mengatasinya. Mereka memiliki masalah dengan personel dan peralatan," kata juru bicara pasukan pertahanan Thabo Sello, Minggu (5/7) saat pasukan diterjunkan.

"Situasi di East Cape sangat buruk dengan kasus meningkat dan menyebar dengan cepat," katanya tentang provinsi itu, yang menyumbang lebih dari 18 persen kasus Corona nasional.

Tim militer terdiri atas dokter, perawat, teknisi kesehatan dan staf pendukung klinis.

Sello mengatakan provinsi itu, peringkat termiskin di negara itu, adalah yang pertama di Afsel yang meminta bantuan militer untuk membantu memerangi virus Corona.

"Ketika bangsa memanggil kami, kami harus merespons, dan merespons dengan cepat," kata kepala layanan medis militer, Letnan Jenderal Zola Dabula, pada upacara penyambutan tim.

Tonton video 'Update Global: Kasus Positif Virus Corona di Dunia Tembus 11 Juta':

Selanjutnya
Halaman
1 2