Round-Up

Memanas! China dan AS Sama-sama Latihan Militer di Laut China Selatan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 22:21 WIB
Ilustrasi peta-peta di Laut China Selatan. (Hobe/Holger Behr/Wikimedia Commons)
Foto: Ilustrasi peta-peta di Laut China Selatan. (Hobe/Holger Behr/Wikimedia Commons)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) dan China sama-sama tengah menggelar latihan militer di Laut China Selatan. Namun kedua negara ini tidak berlatih di titik yang sama.

Latihan militer China ini berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China terkait epidemi virus Corona. AS menuduh China menyembunyikan dan meremehkan wabah awal di kota Wuhan di China.

Terkait latihan militer, China yang lebih dahulu menuju Laut China Selatan. Seperti dilansir Reuters, Sabtu (4/7), China mengumumkan jadwal latihan militer selama lima hari mulai Rabu (1/7) waktu setempat, di dekat Kepulauan Paracel, yang oleh China diklaim sebagai Kepulauan Xisha. Kepulauan itu juga diklaim oleh Vietnam.


AS pada awalnya menyatakan keprihatinannya akan latihan militer China di sekitar kepulauan Paracel yang disengketakan. Departemen Pertahanan AS atau Pentagon menyebut manuver itu akan "semakin membuat tidak stabil".

"Departemen Pertahanan prihatin dengan keputusan Republik Rakyat China (RRC) untuk melakukan latihan militer di sekitar Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan pada 1-5 Juli," kata Pentagon dalam pernyataannya.

Pentagon menambahkan, latihan itu adalah yang terbaru dari serangkaian aksi China untuk menegaskan klaim maritim yang melanggar hukum dan merugikan tetangga-tetangga Asia Tenggara di Laut China Selatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2