Catat 42 Ribu Kasus Sehari, Lebih dari 1,5 Juta Orang Positif Corona di Brasil

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 09:30 WIB
Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona.
Ilustrasi (Getty Images)

Namun foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan sekelompok orang membuang masker. Sejumlah video yang beredar juga menunjukkan kerumunan orang di bar-bar lainnya di Rio de Janeiro, dengan orang-orang merayakan apa yang mereka sebut sebagai 'kehidupan normal telah kembali' dan 'mengirimkan masker dan virus Corona ke neraka'.

Pelonggaran pembatasan di Rio de Janeiro -- yang mengizinkan bar dan restoran buka kembali dengan kapasitas 50 persen dari normal asalkan meja-meja ditempatkan dengan jarak minimum 2 meter -- mulai diberlakukan pada Kamis (2/7). Namun dengan banyaknya kerumunan orang hingga ke jalanan, otoritas Rio de Janeiro memutuskan kembali menutup paksa sejumlah bar di kawasan Leblon.

Pada Jumat (3/7) waktu setempat, otoritas Rio de Janeiro menegaskan pihaknya akan meningkatkan inspeksi di area-area yang menjadi lokasi bar dan restoran yang biasanya ramai. Ditegaskan juga bahwa siapa saja yang tidak mematuhi aturan, akan dihukum denda.

Halaman

(nvc/rdp)