Round-Up

Klaim Sukses Lawan Pandemi Bikin Kim Jong-Un Tebar Puji ke Negara Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 20:32 WIB
Korea Utara: Akankah adik Kim Jong-un warisi takhta?
Foto: Pemimpin Korut Kim Jong Un (BBC Magazine)

Sejauh ini, Korut belum mengonfirmasi satu pun kasus Corona di wilayahnya, saat negara-negara di dunia terus berjuang menghadapi penyebaran virus mematikan ini. Namun rezim komunis ini telah menerapkan langkah-langkah tegas, termasuk menutup perbatasan dan sekolah, serta menempatkan ribuan orang dalam isolasi.

Para pakar menilai Korut tidak mungkin terhindar dari virus Corona. Sistem kesehatan yang buruk di negara itu disinyalir berjuang keras menghadapi wabah besar.

Bahkan, sejumlah dosen Korut sempat mengungkapkan bahwa ada kasus-kasus virus Corona (COVID-19) terkonfirmasi di negara komunis tersebut, setidaknya sejak akhir Maret.

Seperti dilaporkan Radio Free Asia (RFA) dan dilansir Reuters, Senin (20/4/2020), dua sumber yang dikutip RFA, satu di Pyongyang dan satu di Provinsi Ryanggang, menyebut bahwa konfirmasi itu disampaikan sejumlah dosen Korut saat berbicara kepada organisasi-organisasi dan kelompok pengawas setempat.

Menurut dua sumber itu, otoritas Korut memberitahu para warganya dalam sejumlah kuliah umum bahwa ada kasus-kasus virus Corona yang terkonfirmasi di negara itu, dengan kasus paling awal terkonfirmasi pada akhir Maret. Jumlah pastinya tidak disebutkan lebih lanjut.

Para dosen Korut itu, seperti dilaporkan RFA, menyebut kasus-kasus virus Corona ada di tiga wilayah, yakni Pyongyang, Provinsi Hwanghae Selatan dan Provinsin Hamgyong Utara. Provinsi Hamgyong Utara diketahui terletak di bagian timur laut, sedangkan Provinsi Hwanghae Selatan ada di bagian barat daya.

Halaman

(rdp/rdp)