Round-Up

Jurus Uruguay Taklukkan Corona Tanpa Tutup Kota

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 20:33 WIB
Presiden Uruguay Luis Lacalle Pou (AFP Photo)
Foto: Presiden Uruguay Luis Lacalle Pou (AFP Photo)
Montevideo -

Uruguay menjadi salah satu negara Amerika Latin yang berhasil menaklukkan wabah Corona (COVID-19). Meskipun tak memberlakukan lockdown atau menutup kota besarnya, Uruguay punya jurus jitu untuk melawan Corona.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/7/2020), baru-baru ini beredar foto Presiden Uruguay Luis Lacalle Pou yang sedang berselancar di pagi hari menjelang rapat kabinet. Hal ini melambangkan bahwa kebijakan pemerintahannya soal "kebebasan dengan tanggung jawab" dalam mengendalikan pandemi COVID-19 terbukti berhasil.

Pria berusia 47 tahun itu muncul dari laut Atlantik Selatan dengan pakaian selam dengan papan selancar sembari tersenyum. Foto itu menjadi berita pada Selasa (30/6), ketika Eropa membuka kembali perbatasannya bagi 15 negara. Uruguay adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang masuk dalam daftar itu.

Dengan kurang dari 1.000 kasus virus Corona dan hanya 27 kematian, negara berpenduduk 3,4 juta orang itu merupakan pengecualian di wilayah Amerika Latin yang telah menjadi pusat krisis kesehatan global.

Uruguay saat ini hanya memiliki 83 kasus aktif, sementara negara tetangganya, Brasil adalah negara yang paling parah terdampak Corona di dunia setelah Amerika Serikat.

Keberhasilan ini sangat luar biasa karena tidak pernah ada lockdown resmi. Ternyata ada jurus jitu yang dipakai. Di tengah penutupan aktivitas industri dan sekolah, serta penutupan perbatasan, para pejabat hanya menyerukan orang-orang untuk tetap tinggal di dalam rumah dan secara ketat mematuhi jarak sosial.

Selanjutnya
Halaman
1 2