Sehari 19 Ribu Kasus, Total Kasus Corona di India Tembus 600 Ribu

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 14:01 WIB
India kembali mencetak rekor baru untuk tambahan kasus virus Corona (COVID-19) harian. Nyaris 20 ribu kasus Corona dilaporkan muncul dalam sehari di negara ini.
Ilustrasi (AP Photo)
New Delhi -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di India kini telah melampaui 600 ribu kasus. Kenaikan terjadi setelah otoritas India melaporkan kemunculan 19 ribu kasus Corona dalam 24 jam terakhir.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (2/7/2020), Kementerian Kesehatan India dalam laporan terbaru menyebut adanya 19.148 kasus Corona dalam sehari di negara tersebut. Dalam laporannya, Kementerian Kesehatan India menyatakan bahwa sedikitnya 100 ribu kasus tercatat dalam empat hari terakhir.

Sejauh ini, total kasus virus Corona di India mencapai 604.641 kasus. Dengan angka ini, India masih menempati posisi ke-4 sebagai negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), Brasil dan Rusia.

Kementerian Kesehatan India juga melaporkan bahwa total kematian akibat Corona di wilayahnya kini mencapai 17.834 orang.

Tiga wilayah yang tercatat sebagai wilayah terdampak Corona paling parah, termasuk Mumbai dan New Delhi, dilaporkan berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap total kasus positif di India.

Kenaikan kasus ini terjadi saat otoritas India berjuang mengatasi pandemi Corona sambil melonggarkan aturan lockdown. Fase baru untuk pelonggaran lockdown, atau yang disebut 'Unlock 2', diumumkan pada Senin (29/6) waktu setempat, yang mengizinkan lebih banyak aktivitas ekonomi untuk dilanjutkan kembali.

Wilayah pantai barat di negara bagian Goa, yang menjadi tujuan populer turis backpacker, telah dibuka untuk turis. Otoritas setempat mengizinkan 250 hotel di kawasan itu untuk buka kembali setelah tutup selama 3 bulan terakhir. Setiap turis yang berkunjung diwajibkan memiliki sertifikat negatif Corona atau menjalani tes setibanya di wilayah tersebut. Sejauh ini, sudah 1.387 kasus positif dengan empat kematian tercatat di wilayah Goa.

Sementara itu, beberapa wilayah padat penduduk lainnya diketahui masih berada di bawah lockdown. Di sisi lain, kenaikan kasus ini memberikan tantangan berat bagi kapasitas medis yang kewalahan dan sistem layanan kesehatan yang terbebani di India.

(nvc/ita)