Round-Up

Cari 'Kampung Halaman' Corona, Tim WHO Bersiap Menuju ke China

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 05:39 WIB
Tes Corona di Wuhan (AFP Photo)
Foto: Tes Corona di Wuhan (AFP Photo)
Jenewa -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengirimkan tim ke China untuk menyelidiki asal-usul virus Corona (COVID-19) pekan depan. China merupakan tempat pertama kalinya virus Corona mewabah.

Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyersus menyatakan bahwa wabah virus Corona dimulai di China. Virus ini pertama kali mewabah di Wuhan pada bulan Desember 2019 lalu.

"Kita bisa memerangi virus dengan lebih baik ketika kita tahu semuanya soal virus itu, termasuk bagaimana virus itu dimulai," ucap Tedros Adhanom, seperti dilansir Reuters, Selasa (30/6/2020).

"Kita akan mengirimkan tim, pekan depan, ke China untuk mempersiapkan itu," ungkapnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sama-sama menyebut virus Corona lolos dari sebuah laboratorium di Wuhan, China -- yang menjadi lokasi awal terdeteksinya virus ini. Tidak ada bukti yang mendukung pernyataan Trump dan Pompeo itu. Otoritas China telah membantah tuduhan itu. Para ilmuwan menyebut virus Corona muncul secara alami.

Trump telah mengumumkan rencana bagi AS untuk keluar dari WHO, yang disebutnya terlalu dekat dengan China. Trump berulang kali menekankan asal virus itu dari China, bahkan menyebutnya 'Kung Flu' dalam dua kampanye terbarunya bulan ini. Istilah yang dipakai Trump itu disebut 'rasis' oleh kelompok Asia-Amerika.

Selanjutnya
Halaman
1 2