Tak Ada Kematian Akibat Corona dalam 15 Hari Terakhir di Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 15:31 WIB
Malaysia menjadi salah satu negara asia yang dinilai berhasil melawan pandemi COVID-19. Lebih dari setengah kasus positif di sana telah dinyatakan sembuh.
Ilustrasi -- Tes Corona di Malaysia (AP/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia melaporkan nol kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam 15 hari terakhir. Dalam 24 jam terakhir, hanya dilaporkan tiga kasus baru Corona di negara ini.

Seperti dilansir The Star, Selasa (30/6/2020), tiga kasus baru itu semuanya melibatkan warga Malaysia, dengan dua merupakan penularan lokal dan satu merupakan kasus impor atau penularannya terjadi di luar negeri. Dengan tambahan tiga kasus baru, total kasus Corona di Malaysia kini mencapai 8.637 kasus.

Otoritas kesehatan Malaysia melaporkan tidak ada tambahan kematian akibat virus Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, sudah 15 hari tidak ada tambahan kematian di negara ini.

Total kematian akibat virus Corona di Malaysia masih mencapai 121 orang.

Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan bahwa kasus aktif di Malaysia kini mencapai 182 kasus, dengan hanya empat pasien yang masih menjalani perawatan di Unit Perawatan Intensif (ICU).

Dr Noor Hisham juga melaporkan 16 pasien dipulangkan dalam sehari usai dinyatakan sembuh dari virus Corona. Secara keseluruhan, total 8.334 pasien Corona dinyatakan sembuh di Malaysia.

Ini berarti, angka kesembuhan di Malaysia saat ini mencapai 96,4 persen dari total kasus positif.

Lebih lanjut, Dr Noor Hisham memperingatkan individu-individu yang menjalani karantina di rumah untuk mematuhi aturan yang ditetapkan. Disebutkan bahwa sekitar 5.909 orang yang ada di bawah pengawasan atau PUS, dilepaskan dari pusat karantina sejak 10 Juni dan kini menjalani karantina di rumah (HSO), demi menyelesaikan masa karantina wajib selama 14 hari.

Dari jumlah tersebut, baru 4.427 orang yang telah menjalani tes Corona, dengan tiga orang di antaranya dinyatakan positif dan tercatat sebagai kasus baru. Sisanya, sebanyak 1.472 orang masih harus menjalani tes Corona.

Tonton video 'Obat HIV Disebut Tak Efektif Mengobati Pasien Corona':

(nvc/rdp)