Remaja 16 Tahun Tewas Tertembak Saat Aksi Protes di Seattle

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 10:45 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi penembakan (Edi Wahyono)
Seattle -

Seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun tewas dan seorang remaja yang lebih muda terluka pada Senin (29/6/2020) dini hari di lokasi aksi protes "pendudukan" Seattle, negara bagian AS. Penembakan mematikan ini adalah yang kedua kalinya terjadi di wilayah ini.

Para pejabat lokal telah bersumpah untuk memperbaiki situasi di daerah ini, setelah keluhan bisnis dan kritik dari Presiden AS Donald Trump.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/6/2020) kekerasan yang terjadi hanya lebih dari seminggu setelah penembakan lain di zona itu, yang menewaskan satu orang dan satu orang terluka. Kepala polisi Carmen Best mengatakan insiden ini "berbahaya dan tidak dapat diterima".

"Cukup sudah," kata Best kepada wartawan. "Kita harus bisa kembali ke daerah itu."

Demonstran telah menduduki beberapa blok di sekitar Kawasan Polisi Seattle dan sebuah taman selama sekitar dua minggu setelah polisi meninggalkan kantor polisi menyusul kebuntuan dan bentrokan dengan pengunjuk rasa yang menyerukan keadilan rasial sekaligus mengakhiri kebrutalan polisi.

Polisi menyatakan, para saksi mata melaporkan melihat sebuah Jeep SUV putih di dekat salah satu hambatan sementara di sekitar zona protes sekitar pukul 03.00 Senin pagi, sesaat sebelum penembakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2