Lucunya! Panda Hadiah China untuk Taiwan Melahirkan Anak Kedua

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 17:28 WIB
Panda hadiah pemberian China untuk Taiwan melahirkan (AFP Photo)
Foto: Panda hadiah pemberian China untuk Taiwan melahirkan (AFP Photo)
Taipei -

Seekor panda raksasa yang merupakan hadiah dari China untuk Taiwan telah melahirkan seekor panda betina, yang merupakan anak kedua. Kebun Binatang Taipei mengatakan panda itu melahirkan setelah diinseminasi buatan.

Seperti dilansir AFP, Senin (29/6/2020) panda bernama Yuan Yuan dan pasangannya, Tuan Tuan, telah menjadi daya tarik utama sejak tiba dari China pada 2008. Keduanya menjadi simbol hubungan yang hangat antara Taiwan dan China.

Kebun Binatang Taipei, pada Senin (29/6) mengumumkan kelahiran anak panda yang tidak disebutkan namanya, dengan berat 186 gram. Panda ini lahir pada hari Minggu (28/6) usai proses melahirkan selama lima jam.

"Kami berharap sang ibu dapat merawat anaknya. Tapi Yuan Yuan mungkin sangat lelah sejak kelahiran ... jadi setelah evaluasi, kami memutuskan untuk memindahkan anaknya untuk diberi makan oleh pengasuh," kata Kebun Binatang Taipei dalam pernyataannya.

Pihaknya menambahkan bahwa bayi yang baru lahir itu dalam kondisi stabil setelah dirawat karena cedera kecil di punggungnya.

Sebelumnya, Yuan Yuan melahirkan seorang panda betina, Yuan Zai pada 2013 - panda raksasa pertama yang lahir di Taiwan. China biasanya hanya meminjamkan pandanya, dan keturunan apa pun harus dikirim ke China.

Tetapi kali ini Taiwan diizinkan untuk terus memelihara Yuan Zai karena orang tuanya adalah hadiah.

Keputusan China untuk memberikan Tuan Tuan dan Yuan Yuan ke Taiwan adalah isyarat simbolis ketika pulau itu dijalankan oleh pemerintahan Kuomintang yang ramah-Beijing.

"Tuanyuan" -kombinasi karakter China dari nama-nama panda - berarti "reuni" atau "persatuan".

Selanjutnya
Halaman
1 2