300 Orang Harus Dikarantina Gegara 6 Kasus Corona di Kelab Malam

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 14:58 WIB
ilustrasi kelab malam
Ilustrasi (Jhillphotography/Getty Images)
Zurich -

Otoritas kesehatan Zurich di Swiss memerintahkan karantina wajib terhadap nyaris 300 orang setelah beberapa pengunjung kelab malam setempat dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Mereka yang dikarantina merupakan para tamu dan staf kelab malam tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Senin (29/6/2020), awalnya satu pengunjung kelab malam itu dinyatakan positif Corona dan hasil pelacakan menunjukkan dia telah menulari beberapa orang lainnya. Total ada 6 orang yang positif Corona terkait kelab malam tersebut.

Otoritas kesehatan Zurich menyatakan bahwa satu pengunjung, yang tidak disebut namanya itu, mengunjungi kelab malam bernama Flamingo Club pada 21 Juni. Dia dinyatakan positif Corona pada 25 Juni. Hasil pelacakan menunjukkan lima orang yang bersamanya di kelab malam itu juga positif Corona.

Sebagai dampaknya, nyaris 300 orang yang terdiri atas tamu dan staf kelab malam tersebut diwajibkan menjalani karantina selama 10 hari.

Diketahui bahwa saat negara-negara Eropa lainnya melonggarkan pembatasan, Swiss mengalami kenaikan kasus Corona di wilayahnya. Pekan ini, menurut Kementerian Kesehatan Swiss, jumlah tambahan kasus Corona harian mengalami kenaikan dari 18 kasus pada Senin (22/6) lalu menjadi 69 kasus pada Sabtu (27/6) waktu setempat.

Kelab-kelab malam di Swiss diperbolehkan bukan kembali mulai pekan ini, namun wajib mencatat daftar tamu yang datang. "Dalam kasus ada super-spreader, penutupan kelab malam harus dipertimbangkan," demikian pernyataan otoritas kesehatan Zurich.

Sejauh ini, total 31.555 kasus virus Corona tercatat di Swiss, dengan 1.682 kematian.

Totnon video 'Tembus 10 Juta Kasus Corona di Seluruh Dunia':

(nvc/ita)