Cerita Perawat Sembuh dari Corona Setelah 43 Hari Koma

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 12:12 WIB
Felix Khor saat dirawat akibat Corona dan koma 43 hari (BBC News0
Foto: Felix Khor saat dirawat akibat Corona dan koma 43 hari (BBC News0
Petaling Jaya -

Seorang perawat di Inggris berhasil sembuh secara "ajaib" dari COVID-19. Dia pun membagikan ceritanya ketika koma selama 43 hari akibat virus Corona.

Seperti dilansir The Star, Senin (29/6/2020) Felix Khor (68) dirawat di Rumah Sakit Southend pada masa puncak lockdown di Inggris dan menghabiskan waktu 43 hari dengan ventilator di unit perawatan intensif rumah sakit umum, tempat ia telah bekerja selama lebih dari 15 tahun.

Perawat kelahiran Ipoh, Malaysia itu sebelumnya adalah petugas resusitasi (tindakan membuka jalan napas) di rumah sakit, tetapi dia secara sukarela keluar dari masa pensiunnya dan kembali ke departemen darurat rumah sakit untuk membantu garis depan dalam pertempuran mereka melawan COVID-19.

"Pada hari terakhir bulan Maret, saya bekerja di departemen darurat. Ada banyak orang pada hari itu. Tiba-tiba, saya merasa sangat dingin. Jadi, saya meminta salah satu kolega saya untuk memeriksa suhu saya dan suhu 38,4 ° C, yang cukup tinggi," ujar Khor.

"Dia menyarankan saya untuk pulang dan menyendiri," katanya dalam sebuah wawancara telepon.

Khor mengaku sempat minum parasetamol setiap enam jam, tetapi suhu tubuhnya terus naik. "Hari berikutnya saya meminta dokter konsultan untuk memeriksa saya, termasuk detak jantung saya. Tidak apa-apa. Namun, hasil rontgen menunjukkan beberapa perubahan di paru-paru saya," tuturnya.

"Dokter konsultan mengatakan bahwa saya bisa jadi tertular COVID-19, yang pada saat itu merupakan penyakit baru," katanya, seraya menambahkan bahwa ia disuruh pulang dan beristirahat dan minum obat.

Dia mengatakan bahwa kondisinya semakin gawat. Dia akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

"Pada 1 April, saya merasa sangat sakit. Saya dilarikan ke unit gawat darurat dengan ambulans. Pada saat saya mencapai ruang gawat darurat, saya menjadi mengantuk dan tidak sadar. Mereka memakaikan ventilator dan saya koma selama 43 hari," tuturnya.

Tonton video 'Jokowi ke Kemenkes: Bantuan Corona Jangan Bertele-tele!':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2