Round-Up

Langkah China Kerahkan Petarung MMA Usai Bentrok Maut Vs India

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 05:23 WIB
Bentrok India-China: Lembah Galwan, kawasan tinggi dan sangat dingin, mengapa diperebutkan?
Bentrok India-China: Lembah Galwan, kawasan tinggi dan sangat dingin, mengapa diperebutkan? (Foto: BBC World)
Jakarta -

Bentrok antara tentara India dan China di perbatasan kedua negara, menyisakan cerita. India pamer kekuatan, China kini kerahkan petarung seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) ke TKP.

Perselisihan tersebut terjadi pada Sabtu (9/5) lalu. Tujuh serdadu China dan empat serdadu India mengalami cedera, kata seorang pejabat militer di dekat sektor Naku La, Negara Bagian Sikkim, India, di dekat perbatasan China.

Para komandan kedua kubu kemudian berunding untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi hari Sabtu (09/05) lalu. Dilansir AFP, pertempuran itu terjadi di sebuah lembah berbatu di Galwan. Lokasi medan perang itu berada di antara wilayah China dan wilayah Landakh di India.

Kedua pihak bertarung dengan tangan kosong dan bebatuan. India mengatakan 20 prajuritnya tewas dalam pertempuran kombat yang brutal itu, sementara jumlah korban dari pihak China sampai saat ini belum diketahui. Kedua pihak saling menyalahkan terkait bentrok ini.

Terbaru, militer India mengerahkan jet tempur untuk mempertahankan wilayah tersebut.

Dilansir AFP, kedua pihak sama-sama berusaha keras merebut wilayah Galwan, wilayah perbatasan yang menjadi rebutan India dan China. Sebagai wujud nyata, India bahkan menumpuk pasukan militernya di lembah tersebut, termasuk mengerahkan jet tempur.

Jet India lepas landas dari sebuah pangkalan militer di Leh, India, pada Rabu (24/6). Pesawat temput itu menuju ke perbatasan pegunungan Himalaya yang berjarak 240 kilometer.

Tonton video 'China-India Alami Konflik, Bos Xiaomi: Tak Berdampak ke Bisnis Kami':

Selanjutnya
Halaman
1 2