Parah! 141 Pilot Maskapai Nasional Pakistan Ketahuan Berlisensi Palsu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 13:40 WIB
Pesawat penumpang jatuh di di Pakistan. Pesawat itu membawa lebih dari 100 orang, mengalami kecelakaan di kawasan selatan Karachi.
Foto: AP/Fareed Khan
Islamabad -

Maskapai penerbangan nasional Pakistan tengah menjadi sorotan setelah terungkap bahwa nyaris sepertiga dari pilotnya memegang lisensi palsu atau meragukan. Sejumlah pengamat bertanya-tanya apakah perusahaan penerbangan nasional yang sedang berjuang dapat selamat dari skandal itu.

Maskapai Pakistan International Airlines (PIA) minggu ini mengatakan akan segera meng-grounded 141 dari 434 pilotnya, setelah tinjauan pemerintah menemukan mereka telah memperoleh kredensial "palsu" atau curang dalam ujian dengan meminta orang lain mengikuti ujian.

Skandal itu terjadi setelah kecelakaan pesawat PIA di kota Karachi bulan lalu, yang menewaskan 98 orang - dan pihak berwenang pada dasarnya menyalahkan kedua pilot pesawat itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (27/6/2020), penyelidik mengatakan kedua pilot tengah mengobrol tentang virus Corona ketika mereka mencoba mendaratkan pesawat Airbus A320 tanpa menurunkan rodanya, merusak mesin secara serempak.

Pesawat pun kehilangan daya dan jatuh menimpa rumah-rumah penduduk di dekat bandara Karachi.

Menurut tinjauan pemerintah tahun lalu, yang rinciannya terungkap pekan ini, 262 dari 860 pilot aktif Pakistan memegang lisensi palsu atau curang dalam ujian.

Lebih dari setengahnya berasal dari PIA yang dikelola pemerintah.

Selanjutnya
Halaman
1 2