Round-Up

Sukses Malaysia dengan 100 Hari Pembatasan untuk Ratakan Kurva Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 04:02 WIB
A LRT (Light Rain Transit) passes by a signboard road conditional movement control order in downtown Kuala Lumpur, Malaysia, on Sunday, June 7, 2020. Malaysian government has lifted the conditional movement order (CMCO) and replaced it with a recovery movement control order effective June 10 until Aug. 31. (AP Photo/Vincent Thian)
Foto: Kondisi Kuala Lumpur, Malaysia saat MCO (AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Malaysia menuai kesuksesan dalam meratakan kurva kasus virus Corona. Semua berkat 100 hari pemberlakuan pembatasan (lockdown) atau perintah pengendalian pergerakan (MCO)

Pemberlakuan MCO berhasil mengurangi penularan virus Corona di tengah masyarakat. Seperti dilansir The Star, Jumat (26/6/2020), MCO diterapkan di Malaysia sejak 18 Maret dan kini memasuki fase pemulihan.

Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, menyatakan bahwa untuk memastikan Malaysia pulih sepenuhnya dan sukses menjalani MCO fase pemulihan dengan new normal, masyarakat diminta berperan lebih besar dengan mematuhi seluruh Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Jumlah kasus aktif telah menurun sekarang menjadi hanya 208 dan angka kematian turun ke 1,4 persen dari total kasus. Ini mengindikasikan bahwa Malaysia ada dalam fase pemulihan," sebut Dr Noor Hisham dalam pernyataannya.

Disebutkan Dr Noor Hisham bahwa tindakan drastis pemerintah sejak awal dengan membatasi pergerakan orang-orang dan menutup perbatasan, telah memberikan kesempatan pada Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kapasitas kesehatan publik, laboratorium, klinik kesehatan dan rumah sakit. Tindakan tersebut berhasil meratakan kurva virus Corona.