India Tuding China Jadi Pemicu Bentrokan yang Tewaskan 20 Tentaranya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 13:45 WIB
Bentrok India-China: Lembah Galwan, kawasan tinggi dan sangat dingin, mengapa diperebutkan?
Foto: Lembah Galwan tempat bentrok pasukan China dan India (BBC World)
New Delhi -

China dilaporkan telah mengerahkan sejumlah besar pasukan dan senjata di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan dengan India, sebagai pelanggaran perjanjian bilateral. India menuduh China meningkatkan ketegangan dan memicu bentrokan mematikan pekan lalu.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (26/6/2020), tuduhan itu datang dari Kementerian Luar Negeri India. Kemenlu India menyebut China sudah mengerahkan pasukan di area perbatasan kedua negara.

"Inti masalahnya adalah bahwa sejak awal Mei pihak China telah mengumpulkan kontingen besar pasukan dan persenjataan di sepanjang LAC (Garis Kontrol Aktual) perbatasan de facto," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Anurag Srivastava dalam briefing di New Delhi, Kamis (25/6).

"Ini tidak sesuai dengan ketentuan dari berbagai perjanjian bilateral kita," katanya. Hal ini termasuk perjanjian tahun 1993 yang menentukan bahwa kedua belah pihak akan mempertahankan penempatan pasukan secara terbatas di perbatasan.

China menyalahkan India atas bentrokan pekan lalu di kawasan konflik itu - yang paling mematikan di antara dua negara itu, paling tidak selama lima dekade terakhir -- dan menyebut bahwa pasukan India telah menyerang para perwira dan prajurit China.

Merespons kehadiran militer China yang meningkat bulan lalu, India juga mengerahkan sejumlah besar pasukan di sepanjang LAC, lanjut Srivastava, yang mengarah ke pertempuran di wilayah Ladakh di Himalaya Barat.

Selanjutnya
Halaman
1 2