Lebih dari 200.000 Orang Terinfeksi Corona di Meksiko, 25.000 Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 10:46 WIB
Melihat Terpukulnya Kartel Narkoba Meksiko karena Lockdown Corona
Ilustrasi (DW)
Mexico City -

Lebih dari 200 ribu orang di Meksiko terinfeksi virus Corona (COVID-19) sejauh ini. Total kematian akibat virus Corona di Meksiko kini melampaui 25 ribu orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (26/6/2020), Kepala Epidemiologi pada Sekretariat Kesehatan Meksiko, Jose Luis Alomia, mengumumkan bahwa total kasus virus Corona di Meksiko kini mencapai 202.951 kasus. Angka ini tercatat sejak kasus pertama Corona terdeteksi nyaris sekitar empat bulan lalu.

Tiga kasus Corona pertama di Meksiko terdeteksi pada 28 Februari, namun baru pada minggu terakhir bulan Maret, pemerintah Meksiko menangguhkan seluruh aktivitas ekonomi non-esensial.

Alomia juga melaporkan bahwa total kematian akibat virus Corona di Meksiko kini mencapai 25.060 orang.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menuai kritikan karena keengganannya mengambil langkah tegas sejak awal untuk membatasi penyebaran virus Corona. Meskipun kasus baru dan kematian masih tinggi, pemerintah Meksiko telah mulai membuka perekonomian secara bertahap sejak 1 Juni.

Namun, ibu kota Mexico City masih berada di bawah lockdown maksimum. Lebih dari 77 ribu kasus tercatat di Mexico City dan sekitarnya.

Menurut penghitungan pemerintah, Meksiko mencatat sekitar 159 kasus Corona per 100 ribu orang.

Tonton video 'WHO Ingatkan UE Bisa Kewalahan Bila Kasus Corona Terus Melonjak':

(nvc/ita)