Kasihan! Bayi Gajah Ditusuk Pakai Angkusa di Thailand

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 16:27 WIB
Gajah di Tempat Wisata Thailand Akhirnya Dipulangkan ke Hutan
Foto: Gajah di pariwisata Thailand (Save Elephant Foundation via AP)
Bangkok -

Beredar video seekor bayi gajah yang ditusuk dengan angkusa (tongkat penjinak gajah) di sebuah kamp Thailand. Penusukan itu dilakukan untuk menjinakkan bayi gajah itu sebelum bergabung dengan industri pariwisata.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (25/6/2020), rekaman itu diambil lewat kamera tersembunyi tahun lalu dan diterbitkan pada Rabu (24/6) oleh kelompok hak-hak hewan dunia yang berbasis di Inggris, World Animal Protection (WAP). Video ini menunjukkan apa yang mereka sebut sebagai pemisahan paksa gajah betina berusia dua tahun dari induknya.

Betis bayi gajah itu terkekang pada ruang kecil yang dikenal sebagai "kotak penghancur" dan dibelit oleh rantai dan tali selama berhari-hari ketika dia berjuang untuk melarikan diri.

Betis si bayi gajah berulang kali ditusuk dengan angkusa, batang panjang dengan ujung logam tajam, untuk membuatnya memahami perintah dasar, kadang-kadang sampai membuat gajah berdarah.

Sekitar 3.000 gajah jinak dipekerjakan di sektor pariwisata Thailand, digunakan sebagai wahana tunggangan dan menghibur para turis lewat atraksi.

Tonton Video Gajah Hamil Mati Usai Makan Buah Berisi Petasan di India:

Selanjutnya
Halaman
1 2