Pertahankan Wilayah, Jet Tempur India Terbang di Perbatasan China

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 02:12 WIB
Ungkapan terima kasih dan rasa hormat ditunjukkan oleh para angkatan udara Jepang lewat manuver akrobatis pesawat tempur untuk para tenaga medis yang berjuang melawan Corona.
Foto: Takashi Aoyama/Getty Images
New Delhi -

India dan China bersitegang terkait perebutan wilayah di sekitar Himalaya. Militer India mengerahkan jet tempur untuk mempertahankan wilayah tersebut.

Dilansir AFP, kedua pihak sama-sama berusaha keras merebut wilayah Galwan, wilayah perbatasan yang menjadi rebutan India dan China. Sebagai wujud nyata, India bahkan menumpuk pasukan militernya di lembah tersebut, termasuk mengerahkan jet tempur.

Jet India lepas landas dari sebuah pangkalan militer di Leh, India, pada Rabu (24/6). Pesawat temput itu menuju ke perbatasan pegunungan Himalaya yang berjarak 240 kilometer.

Ada juga pos-pos pemeriksaan di jalan-jalan utama di luar Leh. Hiruk-pikuk aktivitas militer tampak di sekitar kota.

"Kami sekarang memiliki kekuatan yang baik di daerah itu," kata seorang komando tentara India yang enggan disebut namanya.

Sedangkan, China telah mengklaim puluhan kilometer tanah di lembah Galwan. Padahal sebelumnya, kedua pihak sepakat menarik pasukannya untuk mundur agar tak terjadi lagi pertumpahan darah yang mana sebelumnya dilaporkan 20 pasukan India tewas akibat bentrok dengan China.

(isa/isa)