Round-Up

3 Fakta Gempa M 7,4 di Meksiko Sempat Picu Situasi Gawat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 22:02 WIB
A policeman removes rubble from a building damaged by an earthquake in Oaxaca, Mexico, Tuesday, June 23, 2020. The earthquake was centered near the resort of Huatulco, in the southern state of Oaxaca. (AP Photo/Luis Alberto Cruz Hernandez)
Foto: Gempa 7,4 M mengguncang Meksiko (AP Photo)
Meksiko -

Gempa magnitudo (M) 7,4 terjadi di Meksiko Selatan. Gempa ini sempat memicu situasi yang gawat. Berikut 3 fakta terkait gempa ini.

Dilansir Reuters, Selasa (23/6/2020) Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan kekuatan gempa sekitar 7,4. Gempa berpusat di negara pantai Pasifik Oaxaca.

Gempa ada pada kedalaman 16 mil (26 km). Pusat gempa berada 7 mil (12 km) selatan-barat daya Santa Maria Zapotitlan di negara bagian Oaxaca.

Berikut ini beberapa fakta terkait gempa Meksiko:

Warga Berhamburan ke Jalan

Gempa terjadi sekitar pukul 10.29 pagi waktu setempat. Akibat goncangan gempa yang begitu terasa, warga pun berhamburan ke jalan-jalan untuk menyelamatkan diri.

Dilansir Reuters, Presiden Meksiko, Andres Manuel Loper Obrador mulanya mengatakan belum ada laporan awal kerusakan akibat gempa. Dia mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dari Oaxaca, pusat terjadinya gempa.

Laberto Ibanez, seorang fotografer di Kota Oaxaca, mengatakan kepada Reuters gempa itu menimbulkan keretakan di dinding apartemennya. Gempa juga menggoyangkan buku-buku dan pot di rak.

"Semua orang lari ke jalan, itu sangat kuat," kata Ibanez.

Selanjutnya
Halaman
1 2