Presiden Polandia Akan Dites Corona Sebelum Bertemu Trump di Gedung Putih

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 15:30 WIB
Polish President Andrzej Duda speaks to a crowd as he campaigns ahead of a presidential election later in this month, in Plonsk, Poland, on Tuesday June 16, 2020. Duda is ahead of nine other candidates in opinion polls, but he is not expected to get the 50% needed in the June 28 balloting to avoid a runoff. He is considered most likely to face off in a second round on July 12 against Warsaw mayor Rafal Trzaskowski, whose popularity has been growing.(AP Photo/Czarek Sokolowski)
Presiden Polandia, Andrzej Duda (AP Photo/Czarek Sokolowski)
Washington DC -

Presiden Polandia, Andrzej Duda, menjadi kepala negara pertama yang mengunjungi Gedung Putih Amerika Serikat (AS) sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela. Sebelum bertemu langsung dengan Presiden Donald Trump, Presiden Duda akan menjalani tes Corona terlebih dulu.

Seperti dilansir CNN, Rabu (24/6/2020), Presiden Duda dijadwalkan bertemu langsung dengan Trump di Gedung Putih, Washington DC, pada Rabu (24/6) waktu AS.

Namun sebelum berangkat ke AS, Presiden Duda dan rombongannya akan menjalani tes Corona. Tidak disebut lebih lanjut ada berapa orang anggota delegasi Presiden Duda yang berangkat ke AS.

Para pejabat AS yang akan hadir dalam pertemuan antara Presiden Duda dan Trump di Gedung Putih juga akan menjalani tes Corona.

Kunjungan Presiden Duda ini tercatat sebagai kunjungan pertama dari kepala negara asing ke Washington DC sejak pandemi Corona merebak pada awal tahun ini. Diketahui bahwa penerbangan internasional di berbagai negara, termasuk AS, sempat dihentikan sementara akibat pandemi tersebut.

Saat bertemu Trump di Gedung Putih, Presiden Duda diperkirakan akan membahas isu relokasi tentara AS dari Jerman ke Polandia. Diketahui bahwa Trump berencana mengurangi jumlah tentara AS di Jerman sebanyak 9.500 personel.

Laporan Associated Press menyebut bahwa Trump mungkin akan mengumumkan informasi lebih detail soal relokasi tentara AS ke Polandia itu saat tampil dalam konferensi pers bersama Presiden Duda di Gedung Putih.

Agenda-agenda lain yang akan dibahas kedua kepala negara, antara lain isu energi dan perdagangan, keamanan regional dan rencana pembukaan kembali usai pandemi Corona.

Tonton video 'Popularitas Menurun, Trump Mainkan Isu Rasial di Kampanyenya':

(nvc/rdp)