4 Orang Dilaporkan Tewas Akibat Gempa M 7,4 Meksiko Selatan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 04:44 WIB
Situasi pasca-gampa di Meksiko Selatan
Foto: Situasi pasca-gampa Meksiko Selatan (AP Photo/Luis Alberto Cruz Hernandez)
Meksiko -

Badan Perlindungan Sipil Meksiko mengatakan empat orang dinyatakan tewas pada gempa M 7,4 Meksiko Selatan. Selain itu gempa juga memutus akses jalan akibat tertimbun reruntuhan batu di pegunungan dekat ibu kota negara bagian Oaxaca.

Dilansir Reuters, Rabu (23/6/2020) dua korban jiwa dilaporkan berada di dekat pusat gempa di negara bagian Oaxaca. Sementara dua korban lainnya belum ada laporan lebih lanjut dari Badan Perlindungan Sipil Meksiko.

Longsoran batu dari bukit juga menutup akses jalan di pegunungan di ibu kota negara bagian Oaxaca City dan pantai. Klinik dan bangunan lain juga rusak parah di desa-desa di pusat gempa juga dilaporkan rusak parah.

Gempa juga memicu tsunami kecil di pantau Oaxaca tetapi tidak ada tanda-tanda adanya korban jiwa, Layanan seismologis Meksiko mengatakan permukaan laut naik 60 sentimeter di pantai Huotulca.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS sebelumnya mengatakan gelombang setinggi tiga meter bisa saja terjadi dalam jarak 1.000 kilometer dari pusat gempa. Gelombang itu berpotensi terjadi di pantai Pasifik Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan.

Namun beberapa jam kemudian AS mengakhiri peringatan dini tsunami terkait gempa itu. Peringatan itu diakhiri sekitar 3 jam setelah terjadinya gempa.

Namun, beberapa jam kemudian dikatakan ancaman itu "sebagian besar telah berlalu,".

(lir/lir)