Arab Saudi Larang Kedatangan dari Luar Negeri untuk Ibadah Haji

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 11:39 WIB
Ilustrasi Haji
Foto: Ilustrasi Haji (Tim Infografis/detikcom)
Riyyadh -

Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi akan menggelar ibadah haji tahun 2020 ini meskipun pandemi virus Corona masih merajalela. Namun, jamaah haji dari luar negeri tetap dilarang. Ibadah haji sangat terbatas untuk warga Saudi dan mereka yang telah tinggal di Saudi, dengan protokol ketat.

Seperti dilansir dari Reuters, Selasa (23/6/2020) pengumuman itu akan menjadi yang pertama di zaman modern di mana umat Islam dari seluruh dunia tidak diperbolehkan untuk melakukan haji tahunan ke Mekah. Pemerintah Saudi menjelaskan alasan dari lahirnya keputusan ini.

"Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat, sembari mengambil semua langkah-langkah dan protokol jarak sosial yang diperlukan untuk melindungi orang dari yang terkait dengan pandemi ini dan sesuai dengan ajaran Islam untuk melestarikan kehidupan manusia," kata kementerian terkait Saudi.

Jumlah kasus virus Corona di Arab Saudi telah meningkat lebih dari 160.000 kasus, dengan 1.307 kematian. Ada peningkatan kasus baru Corona selama dua minggu terakhir.

Tonton video 'Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji di Tengah Pandemi Corona':

Selanjutnya
Halaman
1 2