Arab Saudi Cabut Lockdown Meski Kasus Corona Terus Meningkat

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 09:49 WIB
Pemerintah Arab Saudi membuka kembali Masjid Nabawi, Madinah, setelah ditutup akibat virus Corona. Begini potret salat saat Masjid Nabawi dibuka.
Foto: Arab Saudi cabut aturan jam malam (Haramain Info untuk Masjid Nabawi)
Jeddah -

Arab Saudi mengakhiri aturan jam malam nasional untuk pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19). Selain itu, Saudi juga mencabut aturan pembatasan (lockdown) kegiatan ekonomi, termasuk salon rambut dan bioskop, meskipun kasus Corona tetap meningkat.

Seperti dilansir AFP, Senin (22/6/2020) pencabutan aturan jam malam ini diumumkan pada hari Minggu (21/6). Media pemerintah Saudi melaporkan bahwa ibadah salat juga boleh dilanjutkan di masjid-masjid di kota suci Mekah.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, penerbangan internasional dan ziarah keagamaan tetap ditangguhkan dan pertemuan sosial lebih dari 50 orang dilarang.

Namun Komisi Umum Media Audiovisual Arab Saudi mengumumkan pembukaan kembali bioskop di seluruh Saudi dengan pedoman ketat tentang aturan jarak sosial.

Salon-salon rambut juga telah beroperasi kembali.

"Kami senang dan berhati-hati pada saat yang sama... Saya tidak potong rambut selama lima bulan," kata Bashayer, seorang pelanggan di salon rambut di Riyadh.

"Tapi kami takut. Aku membersihkan tangan setiap kali aku menyentuh sesuatu," lanjutnya.

Saudi, yang memiliki kasus Corona tertinggi yang dilaporkan di Teluk itu, telah mengalami lonjakan kasus usai mulai mengurangi langkah-langkah lockdown ketat pada akhir Mei.

Tonton video 'Update Global: Pasien Covid-19 di Dunia Nyaris Tembus 9 Juta':

Selanjutnya
Halaman
1 2