Lebih dari 50 Ribu Orang Meninggal Akibat Virus Corona di Brasil

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 09:00 WIB
Brasil melaporkan jumlah kematian COVID-19 harian tertinggi di dunia. Ada 1.039 orang meninggal dunia akibat virus Corona dalam sehari.
Ilustrasi -- Prosedur pemakaman korban meninggal akibat virus Corona di Brasil (AP Photo)
Brasilia -

Pemerintah Brasil melaporkan lebih dari 50 ribu kematian akibat virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Angka ini menjadikan Brasil sebagai negara kedua yang paling terdampak virus Corona setelah Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Senin (22/6/2020), Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 641 kematian dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan ini, total kematian akibat virus Corona di Brasil kini mencapai 50.617 orang.

Data resmi Kementerian Kesehatan Brasil mencatat total kasus virus Corona di negara ini mencapai 1.085.038 kasus.

Baik untuk total kematian maupun total kasus Corona, Brasil menempati peringkat kedua tertinggi di dunia setelah AS yang sejauh ini melaporkan nyaris 120 ribu kematian dan lebih dari 2,2 juta kasus virus Corona.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang menyamakan virus Corona dengan 'flu kecil' terlibat bentrok dengan otoritas negara bagian dan lokal soal langkah-langkah pembatasan untuk mengendalikan penyebaran virus ini. Bolsonaro berargumen bahwa perintah tetap-di-rumah dan penutupan bisnis tidak diperlakukan karena dampaknya pada perekonomian jauh lebih buruk dari virus Corona itu sendiri.

Sementara itu, diketahui bahwa penyebaran virus Corona di kawasan Amerika Latin semakin cepat. Selain Brasil, negara-negara seperti Meksiko, Peru dan Chile juga mengalami lonjakan kasus.

Untuk Meksiko, sejauh ini mencatat total 180 ribu kasus infeksi Corona dengan lebih 21 ribu kematian. Sedangkan Peru melaporkan lebih dari 251 ribu kasus dengan lebih dari 7.800 kematian. Chile melaporkan tambahan kematian hingga dua kali lipat pada akhir pekan, dengan total kematian di negara ini melebihi 7.100 orang. Total kasus virus Corona di Chile telah melampaui angka 242 ribu kasus.

Tonton video 'Update Global: Pasien Covid-19 di Dunia Nyaris Tembus 9 Juta':

(nvc/ita)