Round-Up

China versus India: Kabar Tentara Dimutilasi hingga Respons PM Modi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 06:54 WIB
China: Korban bertambah, 20 tentara India tewas dalam bentrokan dengan militer China
Foto: Tentara India dan tentara China terlibat bentrok berdarah (BBC World)

Dia mengatakan bentrokan itu terjadi ketika ketegangan kedua pihak mereda setelah India menghancurkan infrastruktur yang dibangunnya di sisi wilayah China dari LAC pada Mei lalu dan sekaligus menarik personelnya, menyusul kesepakatan antara perwira China dan India.

Tetapi pada 15 Juni pasukan India "sekali lagi melewati LAC untuk melakukan provokasi yang disengaja ketika situasi di Lembah Galwan sudah mereda", kata Zhao.

"Pasukan garis depan India bahkan dengan kejam menyerang para perwira dan prajurit China yang pergi ke sana untuk melakukan negosiasi, sehingga memicu konflik fisik yang sengit dan menyebabkan korban," katanya.

Dia juga mengutarakan India membangun "jalan, jembatan dan fasilitas lainnya" di LAC di Lembah Galwan sejak April.

Zhao juga menegaskan, bahwa China "tidak menahan seorang pun personel India." Media India melaporkan bahwa seorang letnan kolonel dan tiga mayor termasuk tentara yang ditahan oleh China.

Pemerintah India hanya mengatakan tidak ada tentara mereka yang hilang. Berita yang bertolak belakang ini merupakan rangkaian terakhir dari kebingungan atas apa yang sebenarnya terjadi di Lembah Galwan di perbatasan pada Senin (15/06) lalu.


(rdp/rdp)