Round-Up

Deretan Patung Ditumbangkan Demonstran George Floyd Bertambah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 06:45 WIB
The statue of Confederate general Albert Pike is pictured after it was toppled by protesters at Judiciary square in Wahsington, DC on late June 19, 2020. - Protesters have toppled the only statue of a Confederate general in the US capital, images broadcast by US media show.
President Donald Trump tweeted that the Washington
Foto: Patung Albert Pike, Jenderal Militer Negara Konfederasi dirobohkan (AFP/ERIC BARADAT)
Washington DC -

Patung-patung yang dianggap menjadi simbol rasialisme dan kolonialisme terus ditumbangkan oleh para demonstran pendukung George Floyd. Patung Jenderal Konfederasi Albert Pike yang baru saja dirobohkan, menambah daftar itu.

Setidaknya, peristiwa pengerusakan patung-patung ini terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.

Seperti dilansir BBC, Senin (8/6/2020) patung seorang pedagang budak di Bristol dirobohkan dan dilemparkan ke pelabuhan dalam hari kedua unjuk rasa menentang rasisme di Inggris.

Peristiwa terjadi setelah demonstrasi yang sebagian besar berjalan damai sepanjang akhir pekan diwarnai beberapa bentrokan dengan polisi.

Pada hari Minggu malam, polisi di pusat kota London mengeluarkan perintah pembubaran untuk Kota Westminster, memaksa khalayak untuk meninggalkan wilayah itu setelah kerusuhan.

Boris Johnson mengirim twit yang mengatakan bahwa aksi protes telah "dirusak oleh premanisme". Aksi protes umumnya berjalan damai. Rekaman udara menunjukkan ribuan demonstran membanjiri jalan-jalan di luar kedutaan AS di Vauxhall, London selatan, sebelum bergerak menuju Parliament Square dan Downing Street.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4