Jatuh dari Hotel, Seorang Buron Hakim Iran Ditemukan Tewas di Rumania

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 03:53 WIB
pembunuhan
Foto: Edi Wahyono
Rumania -

Seorang hakim Iran yang merupakan buronan atas dugaan korupsi ditemukan tewas. Hakim tersebut tewas lantaran terjatuh dari kamar hotelnya di Bucharest, Rumania.

Seperti dilansir AFP, pihak kepolisian setempat tengah menyelidiki kematian tersebut setelah seorang warga negara asing berusia 52 tahun yang diidentifikasi sebagai Gholamreza Mansouri ditemukan tak bernyawa. Keadaan kematiannya belum jelas tapi penyelidik kepolisian berkeyakinan peristiwa itu sebagai bunuh diri.

Sementara itu, Kelompok oposisi di wilayah pengasingan, Organisasi Mujahidin Rakyat Iran (PMOI / MEK) menyebut kematian Mansouri mencurigakan. Mansouri disebut bisa mengungkap hal-hal buruk jika sampai disidang di negaranya.

"Rezim sangat prihatin bahwa jika terjadi persidangan, Mansouri akan mengungkapkan hal-hal buruk yang memengaruhi para mullah," kata juru bicara Shahin Gobadi kepada AFP.

Diketahui, Mansouri telah ditangkap minggu lalu di Ibukota Rumania tetapi kemudian ditempatkan di bawah kendali pengadilan, yang berarti ia dilarang meninggalkan negara itu. Dia juga harus secara teratur melapor ke polisi.

Mansouri dijadwalkan akan menghadap pengadilan Rumania pada 10 Juli sehubungan dengan permintaan ekstradisi Iran. Mansouri dijadikan buronan di tanah kelahirannya karena dugaan korupsi dalam sistem peradilan negara di tengah laporan bahwa ia menerima suap 500.000 euro.

(maa/maa)