Mantan Gubernur yang Tuntut Putin karena Dipecat, Meninggal Akibat Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 17:49 WIB
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan
Foto: DW (News)
Moskow -

Mantan gubernur di Rusia yang menuntut Presiden Vladimir Putin atas pemecatannya, telah meninggal karena komplikasi terkait virus Corona.

Putin memecat Mikhail Ignatyev dari jabatannya sebagai gubernur di wilayah Chuvashia tengah pada Januari lalu, dengan alasan bahwa dia kehilangan kepercayaan kepada Ignatyev setelah serangkaian kontroversi.

Pria 58 tahun itu dipecat setelah satu dekade menjabat.

Pada bulan Mei lalu, dia mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung Rusia untuk melawan pemecatan oleh Putin tersebut, suatu langkah yang sangat tidak biasa dalam sistem politik negara itu yang dikontrol ketat.

Pada akhir Mei lalu, dia dilaporkan dirawat di rumah sakit di kota Saint Petersburg karena menderita pneumonia setelah terinfeksi virus Corona.

Pihak berwenang setempat menyatakan bahwa dia meninggal pada hari Kamis (18/6) waktu setempat di Saint Petersburg. Disebutkan bahwa komisi pemerintah telah dibentuk untuk mengatur pemakaman Ignatyev.

"Ini adalah peristiwa yang menyedihkan," kata Plt Gubernur Oleg Nikolayev seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/6/2020).

Masa jabatan Ignatyev diwarnai sejumlah kontroversi.

Tonton video 'Ratusan Juta Vaksin Virus Corona Diprediksi Siap Akhir 2020':

Selanjutnya
Halaman
1 2