Round-Up

Perintah PM Selandia Baru Usai Corona Kembali Mewabah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 21:35 WIB
PM selandia baru
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (Dok. The Nation via newshub.co.nz)
Wellington -

Status 'bebas Corona' Selandia Baru gugur gara-gara dua kasus Corona baru. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pun memerintahkan militer mengawasi perbatasan dengan ketat.

Seperti diketahui, status bebas Corona ini muncul ketika Selandia Baru mengumumkan sudah tidak ada lagi kasus aktif virus Corona di wilayahnya setelah pasien terakhir dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari fasilitas isolasi.

Seperti dilansir AFP, Senin (8/6/2020), Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield, menyebut pencapaian ini 'sungguh kabar baik' dan menjadi pencapaian yang membuat optimis seluruh Selandia Baru.

"Tidak memiliki kasus aktif untuk pertama kalinya sejak 28 Februari tentu merupakan tanda yang signifikan dalam perjalanan kita, tapi seperti disampaikan sebelumnya, kewaspadaan terus-menerus terhadap COVID-19 akan tetap penting," tegas Bloomfield.

Selandia Baru mendapat pujian untuk cara penanganan pandemi Corona. Negara ini sempat memberlakukan lockdown (penguncian) ketat selama 7 pekan yang telah diakhiri bulan lalu, setelah virus Corona bisa dikendalikan.

Namun, pada akhirnya status bebas Corona itu gugur. Otoritas kesehatan setempat mengumumkan adanya dua kasus baru Corona yang muncul dari dua orang yang baru tiba dari London, Inggris.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3