Agar Terlindung dari Corona, Putin Bikin 'Terowongan Disinfektan'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 16:32 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin kepergok masih pakai OS Windows XP.
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin (Dok. Kremlin)
Moskow -

Para tamu yang hendak bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di kediamannya, harus terlebih dahulu melewati alat walk-trough (seperti terowongan) yang menyemprotkan disinfektan. Cara ini merupakan bagian untuk melindungi Putin dari Corona.

Seperti dilansir dari AFP, Rabu (17/6/2020) Putin telah mengasingkan diri di kediaman Novo-Ogaryovo, di luar Moskow, yang di-lockdown meskipun ia sempat tampil ke hadapan publik tanpa masker di acara outdoor pada liburan Hari Rusia 12 Juni lalu.

Sebagai bagian dari tindakan pencegahan untuk melindungi presiden, pengunjung harus berjalan melalui sebuah perangkat dan disemprot dari atas dan samping. Kegiatan ini tampak dari sebuah video yang diunggah pada Selasa (16/6) malam di Twitter oleh wartawan Kremlin dari kantor berita negara RIA.

Pihak berwenang di wilayah Penza timur Moskow, tempat di mana perangkat itu dibuat, menyombongkan diri bahwa itu "memastikan keselamatan kepala pemerintahan dan semua orang yang mengunjunginya."

Pemerintah daerah Penza mengatakan staf presiden melakukan kontak dengan perusahaan manufaktur, yang mengkhususkan diri pada peralatan pembersih otomatis untuk keperluan industri.

Menurut sang produsen, perangkat ini mencakup teknologi pengenalan wajah dan dapat mengukur suhu tubuh.