Menteri Pendidikan Brazil Didenda karena Tak Pakai Masker Saat Rapat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 03:37 WIB
Menteri Pendidikan Brazil Abraham Weintraub
Ilustarasi (Foto: Menteri Pendidikan Brazil Abraham Weintraub (EVARISTO SA/AFP)
Brasília -

Menteri Pendidikan Brazil, Abraham Weintraub didenda karena tidak menggunakan masker dalam sebuah rapat umum agenda Presiden Jair Bolsonaro. Weintraub diketahui berulang kali mencemooh penggunaan masker saat pandemi virus Corona.

Dilansir AFP, Selasa (16/6/2020) Weintraub salah satu menteri paling kontroversial presiden sayap kanan itu. Dia muncul pada rapat umum yang diselenggarakan oleh pendukung Presiden Bolsonaro pada Minggu (14/6) waktu setempat.

Dia berjabat tangan dan berpose untuk berfoto dengan demonstran. Banyak dari mereka juga tidak mengenakan masker yang telah diwajibkan penggunaan di Ibu Kota Brazil sejak April lalu.

Atas tindakan itu, Weintraub didenda 2.000 real dari pemerintah distrik Brasilia karena "ditangkap di depan umum tanpa menggunakan masker" menurut media Brasil dan memuat foto Abraham.

Weintraub mengatakan dalam akun Twitter-nya dia belum diberitahu akan denda tersebut. Namun aturan itu berlaku di Brazil.

"Mereka berusaha membungkamku dengan cara apa pun," tulis Weintraub.

Presiden Bolsonaro menyamakan virus Corona dengan 'flu kecil' dan mengutuk histeria di sekitarnya. Dia juga kerap kali pergi ke ruang publik tanpa mengenakan masker. Namun sejauh ini Bolsonaro belum didenda sejauh ini.

(lir/lir)