Jet Tempur F-15 Amerika Serikat Jatuh di Laut Utara Dekat Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 18:11 WIB
A flight of Florida Air National Guard F-15 Eagles of the 159th Fighter Squadron prepare to land at Wright-Patterson Air Force Base, Ohio, for safe haven from Hurricane Dorian in this August 30, 2019 handout photo.  R.J. Oriez/U.S. Air Force/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Ilustrasi jet tempur F-15 (R.J. Oriez/U.S. Air Force/Handout via REUTERS)
Washington DC -

Sebuah jet tempur milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh ke Laut Utara, dekat pantai timur laut Inggris. Kondisi pilot yang menerbangkan jet tempur ini belum diketahui pasti.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Senin (15/6/2020), insiden ini terjadi saat jet tempur jenis F-15C Eagle yang berasal dari skuadron Sayap Tempur ke-48 ini sedang menjalani misi latihan rutin dari RAF Lakenheath, pangkalan udara militer Inggris di Suffolk, Inggris.

Pihak Angkatan Laut AS menyebut jet tempur ini jatuh pada Senin (15/6) pagi, sekitar pukul 09.40 waktu setempat. Penyebab jatuhnya jet tempur ini belum diketahui pasti.

Kondisi pilot jet tempur itu masih belum jelas. Upaya pencarian dan penyelamatan tengah dilakukan.

"Penyebab kecelakaan serta kondisi pilot belum diketahui pada saat ini dan Tim Pencari dan Penyelamat Inggris telah dikerahkan untuk membantu," demikian pernyataan Angkatan Udara AS.

RAF Lakenheath diketahui menjadi markas bagi Sayap Tempur ke-48, yang juga dikenal sebagai Liberty Wing. Pangkalan udara itu terletak sekitar 130 kilometer di sebelah timur laut London, ibu kota Inggris.

(nvc/ita)