Round-Up

Kematian Pria Kulit Hitam Bikin Kepala Kepolisian di AS Lepas Jabatan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 21:37 WIB
Aksi unjuk rasa yang memprotes perlakuan oknum polisi AS terhadap George Floyd hingga berujung kematian terjadi di berbagai negara dunia. Berikut potretnya.
Foto ilustrasi demo, aksi black lives matter : AP Photo
Jakarta -

Aksi demo terkait rasisme di Amerika Serikat masih berlanjut, setelah demo besar-besaran di Minneapolis akibat kematian George Floyd di tangan polisi, saat ini ada aksi serupa di Atlanta yang menuntut keadilan atas kematian pria kulit hitam bernama Rayshard Brooks (27). Buntut dari kematian Brooks ini adalah mundurnya Kepala Kepolisian Atlanta, Erika Shields.

Erika Shields mengundurkan diri dari jabatan Kepala Kepolisian Atlanta pada Sabtu (13/6) ketika pembunuhan Rayshard Brooks memicu gelombang protes baru di Atlanta, Amerika Serikat, setelah ada aksi protes kematian George Floyd di Minneapolis.

Para pengunjuk rasa pada Sabtu (13/6) malam menutup jalan raya antarnegara bagian di kedua arah. Mereka juga membakar halaman restoran tempat Brooks ditembak mati malam sebelumnya.

Wali Kota Atlanta Keisha Lance Bottoms membenarkan kabar mundurnya Shield. Bottoms mengumumkan pengunduran diri kepala polisi dilakukan saat menggelar konferensi pers Sabtu (13/6) sore kemarin. Bottoms juga meminta petugas polisi yang menembak Brooks segera dipecat.

"Saya tidak percaya tindakan kematian memaksa ini dibenarkan, dan saya juga mendorong agar petugas yang melakukan tindakan ini segera dipecat," kata Bottoms.

Bottoms mengatakan, mundurnya Shield itu adalah keputusan pribadi. Posisi Shield akan digantikan sementara oleh Rodney Bryant, dia akan menjabat sebagai kepala polisi sementara sampai pengganti tetap ditunjuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2