Kasihan! Seekor Gajah Mati Usai Tersengat Listrik di Bangladesh

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 13:25 WIB
Both wild and domesticated elephants, of which there roughly 4,000 in Thailand, have been known attack passersby and overturn cars, especially during mating season (AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
ilustrasi gajah (Foto: AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Dhaka -

Kasihan! Seekor gajah Asia yang terancam punah, mati setelah tersengat listrik oleh kabel bertegangan tinggi yang menjuntai ke bawah di Bangladesh tenggara.

Insiden mengenaskan itu terjadi pada Jumat (12/6) waktu setempat. Saat itu, gajah jantan dewasa tersebut sedang melintasi properti pribadi ketika gadingnya menyentuh kabel 10.000 volt.

Demikian disampaikan anggota dewan setempat, Rashed Mahamud Ali.

"Orang-orang bergegas ke tempat itu ketika mereka mendengar teriakan gajah sekitar pukul 3 pagi," katanya kepada AFP, Sabtu (13/6/2020).

Wilayah Bangladesh ini, terutama di distrik Bazar Cox, telah turun-temurun digunakan oleh gajah sebagai rute migrasi untuk bepergian bolak-balik dari Myanmar.

Tetapi perluasan kota, serta kamp-kamp yang menampung sekitar satu juta pengungsi Rohingya dari Myanmar, telah mengurangi wilayah mereka dan menyebabkan meningkatnya jumlah kematian, baik gajah maupun manusia.

"Kita harus mengambil beberapa strategi utama untuk menghentikan konflik antara para raksasa indah dan orang-orang ini," kata Anwarul Islam dari kelompok konservasi Wildteam.

"Jika tidak, itu hanya akan menambah lebih banyak korban di kedua pihak," imbuhnya.

(ita/ita)