8 Kuburan Massal Ditemukan di Libya, PBB Ngeri

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 11:32 WIB
Kuburan massal yang berhasil ditemukan oleh GNA (AFP Photo)
Foto: Kuburan massal yang berhasil ditemukan oleh GNA (AFP Photo)
Tarhuna -

PBB menyampaikan laporan mengerikan tentang temuan delapan kuburan massal di dekat Tarhuna, Libya. Daerah itu bisa dikuasai oleh Pasukan Persatuan Pemerintah (GNA) usai milisi Khalifa Haftar mundur.

"Misi Dukungan PBB di Libya (United Nations Support Mission in Libya/UNSMIL) mencatat laporan-laporan horor tentang temuan setidaknya delapan kuburan massal dalam beberapa hari terakhir, sebagian besar di Tarhuna," kata misi PBB dalam sebuah pernyataan di Twitter, seperti dilansir AFP, Jumat (12/6/2020).

"Hukum internasional mewajibkan pihak berwenang untuk melakukan investigasi yang cepat, efektif & transparan terhadap semua kasus dugaan kematian tidak sah," tambahnya.

Beberapa dugaan kuburan massal telah ditemukan di dekat Tarhuna, tenggara ibu kota Tripoli, sejak daerah itu direbut kembali oleh pasukan yang setia kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional yang diakui PBB pada 5 Juni.

Seorang wartawan AFP pada hari Kamis (11/6) diberikan akses ke situs makam, di mana beberapa mayat telah ditemukan. Kuburan itu digali oleh Bulan Sabit Merah Libya untuk identifikasi sehari sebelumnya.

Potongan-potongan pakaian berserakan di sekitar situs dekat kuburan yang ditutupi tanah.

"Kami sedang mencari semua kuburan massal untuk mengidentifikasi mayat-mayat itu dan mengembalikannya ke keluarga mereka," kata Menteri Dalam Negeri Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Fathi Bachagha, yang berada di Tarhuna, Kamis (11/6).

UNSMIL menyambut keputusan menteri kehakiman untuk membentuk sebuah komite guna menyelidiki temuan-temuan tersebut.

"Kami meminta anggotanya untuk segera melakukan tugas yang bertujuan untuk mengamankan kuburan massal, mengidentifikasi para korban, menetapkan penyebab kematian & mengembalikan mayat ke keluarga terdekat," demikian disampaikan UNSMIL.

Tonton juga video 'Brazil Siapkan Kuburan Massal untuk Korban Corona':

Selanjutnya
Halaman
1 2