China Gunakan Sayur Kubis untuk Perkuat Klaim Wilayah di Laut China Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 13:50 WIB
Foto pulau buatan di Laut China Selatan
Ilustrasi (Reuters/Ritchie B. Tongo)
Beijing -

Aktivitas menanam dan panen sayur kubis di pulau-pulau kecil di Laut China Selatan dimanfaatkan China untuk memperkuat klaim atas wilayah tersebut. China membiarkan lebih banyak orang untuk tinggal di pulau itu untuk membuktikan bahwa pulau kecil itu bisa menopang masyarakat yang tinggal di sana.

Seperti dilaporkan media pemerintah China, Global Times dan dilansir Voanews.com, Kamis (11/6/2020), bulan lalu, personel Angkatan Laut China memanen 750 kilogram sayuran termasuk kubis di Woody Island yang masuk Kepulauan Paracel di Laut China Selatan.

Para personel Angkatan Laut China itu menggunakan teknologi 'sand-to-earth' yang dikembangkan secara domestik untuk menumbuhkan kubis bok choy, baby kubus dan selada di antara sayuran lainnya.

Vietnam dan Taiwan mengklaim area kepulauan yang sama juga wilayah perairan di sekelilingnya. Lebih jauh ke selatan di jalur perairan 3,5 juta kilometer persegi, Brunei, Malaysia dan Filipina bersengketa dengan China dalam mengklaim Spratly Islands. Negara-negara lain mengklaim wilayah itu karena ikan dan sumber daya energinya. Sementara China telah menempatkan militernya di kepulauan itu sejak tahun 2010.

Para pengamat meyakini bahwa hasil panen ini akan membantu China untuk membuktikan aktivitas ekonomi di pulau buatan di lautan yang menjadi sengketa banyak negara itu. Ini juga disebut bisa menjadi nilai tambah dalam upaya mencari dasar hukum yang diakui internasional untuk menguasai kepulauan itu.

"Selain penggunaan militer, Anda perlu melakukan sesuatu yang substantif demi mendukung klaim kedaulatan Anda," sebut Oh Ei Sun selaku peneliti senior pada Institut Urusan Internasional Singapura. "Anda perlu melakukan sesuatu yang bisa memajukan apa yang disebut ekonomi lokal," imbuhnya.

Simak video 'Banjir Melanda Tiga Wilayah di China Tenggara':

Selanjutnya
Halaman
1 2