Vietnam Akan Buka Lagi Penerbangan ke Negara-negara Bebas Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 16:18 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Hanoi -

Vietnam berencana membuka kembali penerbangan ke negara-negara yang dianggap telah bebas dari virus Corona (COVID-19). Negara-negara yang dimaksud adalah negara yang tidak melaporkan kasus baru Corona selama 30 hari berturut-turut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (9/6/2020), rencana itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, dalam tayangan media nasional, Vietnam Television (VTV). Disebutkan bahwa tujuan prioritas untuk pembukaan kembali penerbangan itu antara lain Jepang, Korea Selatan (Korsel) dan Kamboja.

Tidak dijelaskan lebih lanjut oleh PM Nguyen apakah pelancong yang datang dari negara-negara itu akan diwajibkan menjalani program karantina yang diberlakukan sejak pertengahan Maret.

Sejauh ini, otoritas Vietnam mencatat total 332 kasus virus Corona di wilayahnya, tanpa ada satu pun kematian. Puluhan ribu warga yang dipulangkan dari luar negeri, tengah menjalani masa karantina.

"Vietnam sedang berupaya melanjutkan penerbangan internasional dengan negara-negara yang tidak melaporkan kasus baru COVID-19 dalam 30 hari, tapi pemulihan ini perlu sangat berhati-hati mempertimbangkan kompleksitas pandemi," ujar Phuc seperti dikutip VTV.

Disebutkan PM Phuc bahwa Komisi Pengarah Nasional untuk Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 telah diminta untuk menyusun daftar negara-negara yang dianggap 'aman' dari virus Corona.

Tidak disebutkan lebih lanjut apakah negara-negara yang bersangkutan atau pihak maskapai telah diajak berkonsultasi. Namun PM Phuc mengatakan bahwa tujuan-tujuan seperti Guangzhou di China, Tokyo di Jepang, Seoul di Korea Selatan, Taiwan, Laos dan Kamboja masuk dalam daftar prioritas yang rute penerbangannya akan dibuka kembali.

Pada Senin (8/6) waktu setempat, otoritas Vietnam melaporkan tiga kasus baru, yang semuanya merupakan kasus impor atau muncul dari warganya yang baru dipulangkan dari luar negeri. Selama 54 hari terakhir, Vietnam tidak melaporkan adanya kasus baru Corona yang penularannya terjadi secara domestik.

Pemerintah Vietnam telah menangguhkan penerbangan internasional sejak 25 Maret dengan beberapa pengecualian dan melarang warga asing masuk ke negara itu sejak 22 Maret lalu, demi membatasi penyebaran virus Corona.

Simak video 'WHO: Pandemi Covid-19 Secara Global Memburuk':

(nvc/ita)