Kasus Corona Arab Saudi Tembus 100 Ribu, Belum Ada Kepastian Soal Haji

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 09:34 WIB
Cina dan AS Berlomba Tuntaskan Fase Kedua Uji Klinis Vaksin Corona
ilustrasi (Foto: DW (News))
Riyadh -

Kasus infeksi virus Corona di Arab Saudi kini telah melampaui 100 ribu kasus. Ini terjadi seiring Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan lonjakan kasus baru Corona dalam sehari.

Kementerian menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (8/6/2020), hingga Minggu (7/6) waktu setempat, total jumlah kasus infeksi Corona di kerajaan itu mencapai 101.914 kasus, angka tertinggi di kawasan Teluk.

Adapun jumlah kematian karena COVID-19 di kerajaan itu sejauh ini mencapai 712 kematian.

Saudi mengalami lonjakan kasus Corona seiring mulai dilonggarkannya sejumlah langkah lockdown (penguncian) untuk mengendalikan virus Corona. Pada Minggu (7/6), jumlah kasus Corona Jumlah harian mencapai lebih dari 3 ribu kasus selama dua hari berturut-turut.

Sebelumnya pada Jumat (5/6), otoritas Saudi mengumumkan diberlakukannya kembali lockdown di kota Jeddah, pintu masuk bagi para jemaah haji tahunan ke Mekah. Lockdown kembali diterapkan untuk menangkal lonjakan kasus-kasus Corona di kota tersebut.

Langkah lockdown yang diterapkan termasuk aturan jam malam yang berlangsung mulai pukul 15.00 hingga 06.00 waktu setempat, larangan salat berjemaah di masjid-masjid dan perintah untuk di rumah saja bagi para pekerja sektor publik dan swasta di kota itu.

Tonton juga video 'Potret Salat Jumat Perdana di Masjid Nabawi':