Senator Republikan Mitt Romney Ikut Aksi Demo Kematian George Floyd

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 09:11 WIB
Mitt Romney ikut aksi mendukung gerakan Black Lives Matter
Mitt Romney ikut aksi mendukung gerakan Black Lives Matter (Twitter/@MittRomney)
Washington DC -

Senator senior Partai Republik Amerika Serikat (AS), Mitt Romney, ikut dalam unjuk rasa memprotes kematian George Floyd digelar di sepanjang Pennsylvania Avenue, Washington DC. Romney bergabung bersama demonstran lainnya untuk menyatakan dukungan bagi gerakan Black Lives Matter.

Seperti dilansir CNN, Senin (8/6/2020), Romney memposting foto dirinya sedang memakai masker dan berjalan di tengah-tengah demonstran pada Minggu (7/6) waktu setempat. Dalam postingan via Twitter dan Instagram itu, Romney juga menuliskan 'Black Lives Matter' pada keterangan foto itu.

Tergolong langka bagi seorang politikus Republikan di AS untuk membahas, apalagi menyatakan dukungan secara terang-terangan untuk gerakan Black Lives Matter, yang memperjuangkan hak-hak warga kulit hitam. Romney yang merupakan Senator Utah dari Partai Republik dan pernah menjadi capres Partai Republik tahun ini merupakan salah satu dari sejumlah kecil politikus Republikan yang secara publik menyebut kata 'Black Lives Matter'.

Seorang reporter Washington Post, Hannah Natanson, yang kebetulan sedang meliput unjuk rasa di Washington DC itu sempat bertemu langsung dengan Romney. Kepada Natanson, Romney menyatakan alasan dirinya ikut aksi ini adalah 'untuk memastikan orang-orang memahami bahwa nyawa warga kulit hitam sangat penting'.

"Mencari cara untuk mengakhiri kekerasan dan kebrutalan dan untuk memastikan orang-orang memahami Black Lives Matter," ucap Romney kepada Natanson.

Seorang staf untuk Romney menyatakan sang Senator Utah tidak memiliki komentar tambahan soal keterlibatannya dalam unjuk rasa tersebut dan ditekankan bahwa Romney sebenarnya tidak berniat untuk mempublikasikan keikutsertaannya itu. Pernyataan yang disampaikan Romney kepada Washington Post, sudah mewakili apa yang ingin disampaikannya sejauh ini.

Ditambahkan staf tersebut bahwa keputusan Romney untuk ikut aksi tersebut merupakan keputusan 'spontan'. Romney bergabung dalam aksi yang digelar 1.000 - 1.500 warga Kristen dari wilayah Washington DC, khususnya di dekat Gedung Capitol.

Ikutnya Romney dalam unjuk rasa ini terjadi saat kebanyakan politikus Republikan lainnya mendukung Presiden Donald Trump yang mengancam akan mengerahkan militer untuk menangani para demonstran.

[Gambas:Instagram]

Tonton video 'Tindak Kekerasan Polisi Tak Berhenti Usai Kematian George Floyd':

(nvc/ita)