Ribuan Warga Israel Memprotes Rencana Aneksasi Tepi Barat Yordan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 07 Jun 2020 03:44 WIB
dw
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ribu warga Israel melakukan demonstrasi menentang rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperluas kedaulatan atas bagian-bagian Tepi Barat secara de facto aneksasi.

Dilansir Reuters, Minggu (7/6/2020) dengan tetap melakukan pembatasan teradap penyebaran virus corona. Para demonstran melakukan protes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.



Beberapa demonstran disebut berkumpul dan membawa spanduk. Spanduk tersebut bertuliskan "Tidak untuk aneksasi, tidak untuk pekerjaan, ya untuk perdamaian dan demokrasi,". Beberapa demonstran mengibarkan bendera Palestina.

Protes disebut diorganisir, oleh kelompok-kelompok sayap kiri dan bukan awal dari gerakan massa rakyat. Sekitar setengah dari Israel mendukung aneksasi, menurut jajak pendapat baru-baru ini.


"Tidak pernah lebih penting untuk membela keadilan, dan untuk memperjuangkan masa depan yang kita semua pantas dapatkan," kata Senator Demokrat AS A. Bern Sand Sanders.

"Terserah kita semua untuk berdiri di hadapan para pemimpin otoriter dan membangun masa depan yang damai bagi setiap warga Palestina dan setiap warga Israel," sambungnya.

Tonton juga 'Israel Tangkap Dua Jemaah Palestina di Hari Idul Fitri':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/dwia)