WHO Anjurkan Semua Orang Pakai Masker Saat Jaga Jarak Sulit Diterapkan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 10:49 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Foto: Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)

WHO juga tak mengubah rekomendasinya bahwa orang yang sakit dengan gejala COVID-19 harus tetap tinggal di rumah. Jika benar-benar diperlukan, bagi mereka atau kontak mereka untuk meninggalkan rumah, mereka harus mengenakan masker medis.

Seperti sebelumnya, mereka yang merawat orang yang terinfeksi di rumah harus mengenakan masker medis ketika berada di ruangan yang sama; dan petugas kesehatan harus mengenakan masker medis plus peralatan pelindung diri lengkap (APD) ketika berhadapan dengan pasien COVID-19 yang masih dicurigai atau telah dikonfirmasi.

Namun dalam pembaruan yang mempengaruhi petugas layanan kesehatan, WHO sekarang merekomendasikan bahwa di daerah dengan penyebaran virus yang meluas, semua orang yang bekerja di bagian klinis dari fasilitas kesehatan harus memakai masker medis - bukan hanya mereka yang berurusan dengan pasien dengan COVID-19.

Halaman

(rdp/nvc)