WHO Anjurkan Semua Orang Pakai Masker Saat Jaga Jarak Sulit Diterapkan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 10:49 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Foto: Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Jenewa -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengubah protokol kesehatan pemakaian masker wajah untuk mencegah penularan virus Corona. WHO mengimbau agar masker harus dipakai di tempat-tempat di mana virus menyebar luas dan upaya jaga jarak fisik sulit diterapkan.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (6/6/2020) pemakaian masker telah menjadi topik hangat sejak pandemi Corona pertama kali muncul di China pada bulan Desember lalu. Karena perkembangan terus menerus, WHO pun memperbarui protokol pemakaian masker untuk mencegah Corona.

"Mengingat temuan yang terus berkembang, WHO menyarankan bahwa pemerintah harus mendorong masyarakat umum untuk memakai masker di mana ada penyebaran virus yang meluas dan ketika jaga jarak fisik sulit diterapkan," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tedros menjelaskan, di daerah dengan penularan virus tingkat komunitas, "WHO menyarankan agar orang yang berusia 60 tahun atau lebih, atau mereka yang memiliki kondisi mendasar, harus mengenakan masker medis dalam situasi di mana jarak fisik tidak memungkinkan".

Namun, WHO menekankan bahwa masker wajah saja "tidak akan melindungi orang dari COVID-19" - dan orang yang menderita virus Corona tidak boleh keluar di tempat umum jika mereka dapat menghindarinya.

Tonton juga 'WHO Lanjutkan Lagi Uji Coba Hydroxychloroquine untuk Obati Corona':

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2