PM Inggris Tawarkan Visa untuk Jutaan Warga Hong Kong

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 15:58 WIB
Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, kembali muncul ke publik setelah nyaris sebulan terinfeksi virus Corona.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (Foto: PA Images via Getty Images/Aaron Chown)
London -

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson akan menawarkan visa kepada jutaan warga Hong Kong dan kemungkinan jalan untuk menjadi warga negara Inggris, jika China tetap menerapkan UU keamanan nasionalnya.

"Banyak orang di Hong Kong takut cara hidup mereka -- yang dijanjikan China akan tetap dipertahankan -- berada di bawah ancaman," tulis Johnson dalam sebuah artikel untuk surat kabar The Times dan South China Morning Post, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (3/6/2020).

Pemimpin Inggris itu mengatakan bahwa pemerintahnya tak bisa tinggal diam jika apa yang dikhawatirkan warga Hong Kong itu terbukti.

Sekitar 350.000 orang di Hong Kong saat ini memegang paspor Nasional Inggris (Luar Negeri), yang memungkinkan akses bebas visa ke Inggris hingga enam bulan, tulis Johnson.

Sekitar 2,5 juta orang Hong Kong lainnya akan memenuhi syarat untuk bisa mendaftar guna mendapatkan paspor tersebut.

"Jika China memberlakukan undang-undang keamanan nasionalnya, pemerintah Inggris akan mengubah aturan imigrasi kami dan mengizinkan pemegang paspor dari Hong Kong untuk datang ke Inggris selama jangka waktu 12 bulan yang dapat diperbarui dan diberikan hak imigrasi lebih lanjut, termasuk hak untuk pekerjaan, yang bisa menempatkan mereka pada rute menuju kewarganegaraan," tulis Johnson.

Undang-undang baru itu diajukan setelah gelombang protes pro-demokrasi di Hong Kong, dan disetujui parlemen Hong Kong yang patuh pada China karena dianggap diperlukan untuk mengatasi "terorisme" dan "separatisme."

Simak juga video 'China Kekang Hong Kong, AS Siapkan Respon':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2