Dalam 2 Minggu Hampir 10 Juta Warga Wuhan Dites Corona, Hanya 300 Positif

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 13:35 WIB
Tes Corona di Wuhan (AFP Photo)
Foto: Tes Corona di Wuhan (AFP Photo)
Beijing -

China telah menguji hampir 10 juta orang untuk mendeteksi virus Corona hanya dalam waktu dua minggu di kota Wuhan. Namun, orang yang dinyatakan positif Corona (COVID-19) hanya 300 orang saja.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/6/2020) pihak berwenang China mengklaim telah mengendalikan sebagian besar wabah virus ini, tetapi para pejabat Wuhan - waspada terhadap gelombang kedua - meluncurkan program pengujian massal tersebut usai infeksi baru muncul untuk pertama kalinya, sejak lockdown kota itu dibuka kembali pada bulan April.

Lebih dari 9,8 juta orang dites Corona di kota berpenduduk 11 juta orang itu. Pengujian dilakukan antara 14 Mei dan 1 Juni. Pejabat China mengatakan bahwa dari jutaan orang yang dites itu, 300 orang dinyatakan positif Corona dan beberapa di antaranya adalah tanpa gejala.

"Angka-angka ini menunjukkan bahwa Wuhan sekarang adalah kota paling aman," kata Feng Zijian, wakil direktur Pusat Nasional Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, Selasa (2/6).

Selama pengujian, warga Wuhan mengantre di seluruh penjuru kota, di tenda-tenda darurat di tempat parkir, taman dan komunitas perumahan untuk memberikan sampel uji asam nukleat - dengan sekitar setengah juta pemeriksaan medis dilakukan setiap hari selama periode tersebut.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2