Eks Kepala Militer AS Kritik Cara Trump dalam Meredam Demo George Floyd

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 11:07 WIB
Presiden AS Donald Trump bersama Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Mark Milley di Gedung Putih (AFP Photo)
Foto: Presiden AS Donald Trump bersama Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Mark Milley di Gedung Putih (AFP Photo)

Diketahui bahwa sebelum kunjungan Trump ke gereja bersejarah, St. John's Episcopal Church di dekat Gedung Putih pada Senin (1/6) malam, polisi antihuru-hara yang menjaga aksi protes di luar Gedung Putih menembakkan gas air mata dan peluru karet, serta granat kejut ke arah demonstran yang menggelar aksi damai. Hal itu dilakukan demi membersihkan area sebelum Trump berjalan keluar Gedung Putih menuju St. John's Church.

Tindakan polisi membubarkan demonstran damai dengan kekerasan ini dilakukan setelah Trump, dalam pidatonya di Gedung Putih mengklaim dirinya merupakan sekutu para demonstran damai. "Saya adalah Presiden hukum dan ketertiban Anda dan sekutu dari semua demonstran yang damai," klaim Trump sebelumnya.

Di depan St. John's Church, Trump beberapa kali berfoto sambil memegang Alkitab. Dia juga memberikan pernyataan singkat soal AS. "Kita punya negara yang hebat," ucapnya. "Negara terhebat di dunia," imbuh Trump.

Pada momen itu, seperti dilansir Associated Press, Trump sama sekali tidak membahas Floyd yang tewas setelah lehernya ditekan dengan lutut oleh seorang polisi kulit putih. Trump juga tidak membahas kebakaran yang sempat melanda St. John's Church yang dikunjunginya. Dia tidak membahas para demonstran damai yang dibubarkan polisi dengan tembakan gas air mata, peluru karet dan granat kejut. Trump juga tidak membahas soal virus Corona yang masih merajalela di AS.

Trump malah mengundang Jaksa Agung AS, William Bar, serta jajaran penasihat keamanan, kepala staf, sekretaris pers dan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, yang ikut dalam rombongannya, untuk berfoto bersama sebelum akhirnya dia berjalan kembali menuju Gedung Putih.

Halaman

(rdp/ita)