Antisipasi Badai, India Evakuasi Puluhan Ribu Warga Termasuk Pasien Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 03:41 WIB
Angin topan di Denver, Colorado
Ilustrasi angin topan/Foto: (Silver Lining Tours)
Mumbai -

Lebih dari 10 ribu orang di India, termasuk sejumlah pasien virus Corona, dievakuasi ke tempat yang lebih aman saat pantai barat India bersiap menghadapi angin topan. Topan itu merupakan badai pertama yang mengancam Kota Mumbai setelah lebih dari 70 tahun.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (2/6/2020), pihak berwenang di Ibu Kota India, yang tengah berjuang menghadapi pandemi virus Corona, juga mengevakuasi hampir 150 pasien COVID-19 dari rumah sakit lapangan. Mereka dipindahkan ke fasilitas dengan atap beton sebagai langkah antisipasi datangnya badai tersebut.

Menteri utama negara bagian Maharashtra mengatakan warga yang tinggal di rumah-rumah tipis dekat pantai harus dipindahkan ke tempat yang lebih aman sebelum datangnya Topan Nisarga. Kedatangan topan itu diprediksi terjadi pada Rabu sore atau malah hari waktu setempat.

"Penduduk kumuh.. di daerah dataran rendah telah diinstruksikan untuk mengungsi," kata Uddhav Thackeray dalam sebuah unggahan di Twitter.

Kota Mumbai jarang menghadapi terjangan angina topan. Badai besar terakhir melanda kota itu pada tahun 1948 dan menewaskan 12 orang serta lebih dari 100 orang terluka.

Ahli meteorologi India telah memperingatkan hujan deras dengan kecepatan angin 100-110 km/jam dan menyebabkan kerusakan pada gubuk jerami, saluran listrik, serta gelombang badai setinggi 1-2 meter, menggenangi daerah dataran rendah di Maharashtra.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2