Melaju di Tengah Demo Kematian George Floyd, Sopir Truk Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 12:42 WIB
MINNEAPOLIS, MN - MAY 31: People react after a tanker truck drove into a crowd peacefully protesting the death of George Floyd on the I-35W bridge over the Mississippi River on May 31, 2020 in Minneapolis, Minnesota. A large group of protesters had been marching over the bridge on both lanes before a truck drove into the crowd.   Stephen Maturen/Getty Images/AFP
Sopir truk tanker ini ditangkap setelah mengemudikan kendaraannya ke kerumunan demonstran di Minneapolis (Stephen Maturen/Getty Images/AFP)

Dalam pernyataan terpisah, kepolisian setempat menyebut bahwa sopir truk itu dilarikan ke rumah sakit dengan 'luka-luka yang tidak mengancam nyawanya'. Tidak disebut lebih lanjut soal penyebab luka-luka itu. "Dia (sopir truk-red) ditangkap. Tampaknya tidak ada demonstran yang tertabrak truk," imbuh pernyataan kepolisian setempat.

Insiden truk ini membangkitkan kenangan pahit atas tragedi tahun 2017 saat seorang demonstran anti-rasisme tewas ditabrak seorang pengikut supremasi kulit putih yang mengendarai mobilnya ke arah kerumunan demonstran di Charlottesville.

Kota Minneapolis yang ada di negara bagian Minnesota menjadi lokasi utama unjuk rasa besar-besaran sejak Senin (25/5) pekan lalu, setelah Floyd (46) tewas usai lehernya dicekik dengan lutut seorang polisi kulit putih bernama Derek Chauvin. Aksi kekerasan itu terjadi setelah Floyd dia ditangkap atas kecurigaan menggunakan uang palsu di sebuah toko setempat.

Kematian Floyd memicu gelombang protes besar-besaran di AS dan melepaskan kemarahan lama yang membara terhadap praktik rasisme dalam sistem peradilan AS.


(nvc/dnu)